Jumat, 27 September 2013

Unit Kegiatan Mahasiswa

Bola Basket

Unit kegiatan mahasiswa basketball politeknik caltex riau di bentuk tahun 2003.  Tiap tahunnya Unit Kegiatan Mahasiswa ini memiliki agenda tahunan sebagai berikut:
  • Inter High School Basketball Tournament. Setiap tahun sma-sma dari pekanbaru dan dari provinsi-provinsi di sumatra ikut bertanding untuk memperebutkan juara. Walaupun panitia acara ini berasal dari berbagai jurusan di politeknik caltex riau, kegiatan ini tetap berada di bawah pengawasan unit kegiatan mahasiswa basketball politeknik caltex riau. dan acara ini juga sudah mengembangkan sayapnya ke hampir seluruh sumatra. Acara ini sekarang di ikuti oleh sma-sma dari lima provinsi di sumatra.
  • Major Basketball League. Kegiatan ini ialah pertandingan basket antar jurusan di politekik caltex riau. agneda selanjutanya ialah latihan rutin yang di adakan oleh unit kegiatan mahasiswa untuk memfasilitasi mahasiswa politeknik caltex riau yang hobi bermain basket.ukm basketball juga mengikuti event seperti liga basket mahasiswa, dan lain-lain.

 PUTY (Pekanbaru Ubuntu Community)

Puty awalnya merupakan komunitas mahasiswa yng beranggotakan mahasiswa-mahasiswa pengguna LINUX, khususnya   distro UBUNTU. Kemudian dalam perkembangannya yang semakin memiliki banyak peminat, pada 1 Februari 2009, PUTY didirikan secara resmi sebagai salah satu UKM di PCR yang kala itu diprakarsai oleh mahasiswa Program Studi Teknik Informatika angkatan 2008 dengan pembina hingga sekarang, yakni Yuli Fitrisia. S.T yang merupakan  Dosen Jurusan Komputer .
Pada agenda tahunannya, PUTY memiliki beberapa kegiatan, yakni   LINUX goes to School, Seminar Release Party dan Pelatihan Open Source. Beberapa kali Puty pernah mengisi majalah Info Linux pada tahun 2011 yaitu pada edisi Juni 2011 dan agustus 2011.
FB: PUTY (Pekanbaru Ubuntu Community)
Blog PUTY: http://www.puty-pcr.com/

Paduan Suara Mahasiswa (PSM)

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ini merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa  yang berfungsi sebagai tempat penyaluran minat dan bakat mahasiswa dalam bidang seni khususnya paduan suara. Unit kegiatan yang mengasah kemampuan olah vokal anggotanya ini telah berdiri sejak tahun 2001.
Anggota dari UKM ini adalah  mereka yang telah terpilih melalui proses seleksi yang berasal dari berbagai jurusan yang ada di PCR.  UKM paduan suara ini akan mengisi acara-acara besar yang digelar PCR, seperti dalam perayaan hari-hari besar keagamaan, Sidang Senat Terbuka, Wisuda PCR, dan acara-acara besar lainnya.

Persatuan Mahasiswa Kristen (PMK)

Persatuan Mahasiswa Kristen (PMK) PCR berdiri dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya mahasiswa Kristen di kampus PCR .
Visi
pelayanannya adalah menghasilkan mahasiswa dan alumni yang takut akan Tuhan dan menjadi garam dan terang di tengah – tengah keluarga, gereja, masyarakat, bangsa dan Negara.
Misi


Penginjilan adalah melakukan kegiatan untuk memperkenalkan kasih Kristus kepada mahasiswaPemuridan adalah melakukan kegiatan pembinaan kepada anggota sehingga mereka dapat diajar bagaimana menjadi murid Kristus yang sejati dan menerapkan firman Tuhan di dalam hidup mereka.
Pelipatgandaan yaitu melakukan kegiatan untuk melipatgandakan orang – orang yang akan dipakai untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas mahasiswa, penambahan anggota dan juga PKK serta orang – orang yang melayani
Pengutusan yaitu memepersiapkan mahasiswa pra-alumni untuk di utus ke dunia alumni.
Bentuk Kegiatan PMK
Bentuk kegiatan PMK pada dasarnya merupakan kegiatan yang masih berhubungan dengan keerohanian. Seperti :
Kunjungan Kasih ke Panti Asuhan, Natal, dan perayaan Paskah.

Persaudaraan Mahasiswa Buddhis  PERMADHIS

Organisasi ini dinamakan Persaudaraan Mahasiswa Buddhis Politeknik Caltex Riau atau disingkat dengan PERMADHIS PCR. Organisasi ini didirikan di Kampus Politeknik Caltex Riau pada tanggal 19 Juli 2002 dan dalam jangka waktu yang tidak ditentukan lamanya.
Visi
Mewujudkan PERMADHIS PCR sebagai pusat kegiatan mahasiswa Buddhis di Provinsi Riau.
Misi

Mengembangkan UKM PERMADHIS PCR dengan melakukan kerjasama dengan pihak dalam maupun pihak luar.
Mengembangkan sikap dan perilaku anggota PERMADHIS PCR berdasarkan ajaran agama Buddha, Pancasila, dan UUD’45.
Mempererat hubungan antar sesama umat beragama khususnya agama Buddha.
Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI)


    UKMI Ar-Ruhul Jadid Politeknik Caltex Riau didirikan pada Senin, 4 Maret 2002. UKMI Ar-Ruhul Jadid Politeknik Caltex Riau berasaskan Islam dan berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dimana organisasi ini bersifat kooperatif terhadap organisasi lain yang memiliki visi dan misi yang sama serta mengutamakan ukhuwah Islamiyah.

    Visi
    Sebagai wadah untuk menciptakan civitas akademika Politeknik Caltex Riau yang Islami dan memberikan kontribusi untuk kejayaan Islam.

    Misi
    Membina mahasiswa muslim Politeknik Caltex Riau sehingga memiliki pemahaman Islam yang syamil.
    Membentuk kader teladan dan pelajar yang komitmen terhadap nilai-nilai Islam.
    Membangun opini agar terwujud iklim yang kondusif menuju kampus Politeknik Caltex Riau yang Islami.
    Memperkokoh dan memperluas hubungan yang sinergis dengan elemen pendukung dakwah kampus.
    Menjadikan Mesjid Madinatul ‘Ilmi sebagai pusat syi’ar dakwah kampus Politeknik Caltex Riau.

    Kegiatan UKMI diantaranya:
    Mentoring Pekanan
    Kajian Islami
    Mabit
    Sharing Bersama UKMI untuk Mahasiswa Baru
    Outbound
    Rihlah

    Mapala Gaharu

    Pada tanggal 5 desember 2004, Mapala Gaharu resmi berdiri dengan beranggotakan 9 orang mahasiswa sebagai Perintis. Unit kegiatan yang semula bernama Mapala Himalaya ini berlambangkan Gaharu yang berartikan pohon gaharu yang semakin besar akan semakin harum dan begitu pula Mapala Gaharu yang semakin lama juga akan bisa mengharumkan nama Politeknik Caltex Riau baik di dalam maupun di luar kampus.
    Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh anggota Mapala Gaharu berorientasikan pada keorganisasian, lingkungan sosial, alam, lingkungan hidup serta pelestariannya. Bentuk Kegiatan dari Mapala Gaharu sendiri lebih memfokuskan pada keorganisasian dan lingkungan alam maupun masyarakat tentunya.
    Pada perjalannya Mapala Gaharu telah menorehkan prestasi, yaitu :
    1)    Mengikuti TWKM Nasional pada tahun 2007
    2)    Juara 3 cabang Putra dan Campuran POMNAS Riau tahun 2009

    Band

    Unit Kegiatan Mahasiswa Band PCR merupakan salah satu wadah  yang berfungsi sebagai tempat penyaluran minat dan bakat mahasiswa dalam bidang seni khususnya musik. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Band PCR telah berdiri sejak tahun 2005 yang terdiri dari anggota tetap dan anggota tidak tetap.
    UKM yang memiliki banyak peminat ini, sering mengadakan kegiatan seperti Festival band antar SMA se-Pekanbaru. Mengenai fasilitas, UKM ini memiliki alat-alat band yang memadai bagi penyaluran bakat anggota yang tergabung di dalamnya.

    Sepakbola

    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola ini merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa  yang berfungsi sebagai tempat penyaluran minat dan bakat mahasiswa dalam bidang olahraga khususnya sepakbola dan futsal.
    Tiap tahunnya Unit Kegiatan Mahasiswa ini memiliki agenda tahunan sebagai berikut:
    • Turnamen PCR Cup (Futsal)
    • Turnamen PCR Cup (Sepakbola)

    Badminton

    Unit Kegiatan Mahasiswa Badminton PCR merupakan salah satu wadah  yang berfungsi sebagai tempat penyaluran minat dan bakat mahasiswa dalam bidang olahraga khususnya bulutangkis. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton PCR telah berdiri sejak tahun 2001 yang terdiri dari anggota tetap dan anggota tidak tetap. Sekitar 4 tahunan UKM Badminton tidak aktif, dan mulai aktif kembali pada tahun 2009 dengan Anggota berjumlah kurang lebih 30 orang.
    VISI
    Menjadi UKM yang mampu mewadahi dan mengembangkan minat, bakat dan kemampuan khusus mahasiswa di bidang bulutangkis dalam rangka mewujudkan mahasiswa yang sehat jasmani dan rohani sehingga mampu berprestasi baik di bidang  akademik (pada umumnya) dan di bidang bulutangkis (khususnya) untuk diri pribadi,  institusi, bangsa dan negara.
    MISI
    1.    Sebagai UKM PCR yang mampu membawa dan menjaga nama baik   PCR di lingkup nasional atau bahkan internasional.
    2.    Sebagai wadah pembinaan dan pelatihan yang baik dalam hal bulutangkis dan segala aspeknya bagi mahasiswa PCR.
    3.    Menyelenggarakan dan atau mengikuti berbagai kegiatan/even yang konstruktif (ke dalam  dan ke luar) dan yang bersifat “kompetitif”.

    Program Kerja Tahunan
    ?    Latihan rutin UKM Bulutangkis dilakukan 1 kali seminggu setiap hari Sabtu / Minggu, di Gor Wira (Jln. Umban Sari Atas).
    ?    Turnamen PCR CUP yang diadakan setiap tahunnya, yang diikuti semua civitas Politeknik Caltex Riau.

    Tenis Meja

    UKM Tenis Meja merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa Politeknik Caltex Riau yang berfungsi sebagai tempat penyaluran minat dan bakat mahasiswa dalam bidang olahraga khususnya Tenis Meja.
    Anggota salah satu UKM olahraga ini berasal dari mahasiswa-mahasiswi semua jurusan-jurusan yang ada di PCR.

    Robotika

    Merupakan unit kegiatan mahasiswa yang tertarik dalam menggeluti pembuatan robot. UKM ini sudah melahirkan tim-tim robot yang telah bersaing dikancah regional maupun nasional dengan prestasi yang membanggakan.
    Anggota UKM Robotika melakukan kegiatan pembuatan robot yakni pembuatan Mekanik, Elektronik dan Programming. Anggota tim robot berasal dari mahasiswa Program Studi Teknik Mekatronika, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer, Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Hal ini dikarenakan masing-masing kegiatan pembuatannya membutuhkan orang dengan spesialisasi yang berbeda-beda, yaitu:
    • Spesialis Mekanik, bidang ilmu yang cocok adalah Teknik Mekatronika
    • Spesialis Elektronika, bidang ilmu yang cocok adalah Teknik Elektronika, Teknik Mekatronika, Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Elektronika Telekomunikasi
    • Spesialis Programming, bidang ilmu yang cocok adalah Teknik Komputer, Teknik Informatika, dan Teknik Sistem Informasi.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar